Laman

Penayangan

Diberdayakan oleh Blogger.

About

RSS

Perkembangan Teknologi

Assalamu’alaikum wr.wb




   Selamat siang semua, kita harus bersyukur tentang perkembangan teknologi di jaman sekarang yang berkembang pesat di negeri kita. kalian bisa bayangkan jika di dunia ini tidak ada yang nama nya teknologi mungkin kita tidak akan mengenal yang nama nya internet. Setiap teknologi baru yang diciptakan akan memberi manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan kemudahan dalam mengakses informasi terkini, namun di sisi dari positif pasti ada kebalikan nya yaitu sisi negatif dari teknologi itu sendiri.



   Saat ini kebutuhan akan teknologi informasi maupun telekomunikasi sangat tinggi dari mulai golongan menengah kebawah dan golongan menengah ke atas. Semua individu sangat membutuhkan teknologi untuk mempercepat perkembangan atau meningkatkan pembangunan baik pembangunan individu maupun kelompok. Perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat adalah teknologi komunikasi, yang menghadirkan beragam pilihan bentuk teknologi dan kecanggihannya.

  • Perkembangan teknologi yang bersifat netral (bahasa Inggris: neutral technological progress). Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.
  • Perkembangan teknologi yang hemat tenaga kerja (bahasa Inggris: labor-saving technological progress). Perkembangan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.
  • Perkembangan teknologi yang hemat modal (bahasa Inggris: capital-saving technological progress). Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modalnya.
    Keadaan yang demikian, dimana sebuah teknologi mampu merubah sesuatu yang belum tentu dapat dilakukan menjadi sebuah kenyataan. Misalnya, kalau dahulu orang tidak dapat berbicara dengan orang lain yang berada di suatu tempat yang berjarak jauh, maka setelah adanya telepon orang dapat berbicara tanpa batas dan jarak waktu.

  Adapun beberapa contoh dari perkembangan teknologi: 

+ Penerapan teknologi komunikasi dan informasi dalam bisnis.
+ Penerapan teknologi komunikasi dan informasi dalam perusahaan.
+ Penerapan teknologi komunikasi dan informasi dalam pendidikan teknologi pembelajaran yang terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan jaman.

Wassalamu’alaikumwr.wb

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar